Bidang usaha selanjutnya adalah bidang usaha kepariwisataan yang terletak di Bendungan Ir. H. Djuanda dan telah menjadi salah satu daya tarik tujuan pariwisata di Jawa Barat. Popularitas yang diraih Bendungan Ir. H. Djuanda atau yang dikenal dengan nama Bendungan atau Waduk Jatiluhur ini terutama karena adanya pemandangan alam yang indah di sekitar waduk serta kemegahan bangunan bendungan yang memiliki daya tariknya sendiri bagi para wisatawan.

Sasaran perusahaan dalam pengembangan bisnis Bidang Usaha Pariwisata diantaranya:

  1. Terwujudnya pariwisata Jatiluhur sebagai salah satu destinasi wisata utama di Jawa Barat dan pengembangan pariwisata sesuai dengan rencana pengembangan wilayah kerja Jasa Tirta 2.
  2. Pencapaian pendapatan pariwisata sebesar Rp34 milyar pada tahun 2024.
  3. Terjalinnya strategic partnership untuk pengelolaan pariwisata.
  4. Terlaksananya program pemasaran yang tersegmentasi pada pasar yang dituju pada tahun 2020-2024.
Kemudian dalam rangka tercapainya sasaran tersebut, strategi yang dilakukan dalam Bidang Usaha Pariwisata adalah sebagai berikut:

  1. Mendirikan subsidiaries company yang akan bekerja sama dengan strategic investor dan financial partner untuk kegiatan investasi.
  2. Menyusun master plan pembangunan dan penataan kawasan Jatiluhur menjadi destinasi wisata.
  3. Bekerjasama dengan hospitality partner dalam operasional bisnis kawasan wisata.
  4. Mendorong pemerintah untuk pembangunan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) menuju dan di dalam kawasan wisata Jatiluhur.
  5. Pengembangan usaha kepariwisataan mengikuti pengembangan wilayah PJT II.
Guna menghadirkan infrastruktur yang semakin memadai dan semakin mampu menunjang upaya Jasa Tirta II dalam meningkatkan aspek wisata Jatiluhur, Jasa Tirta II terus mengembangkan dan meningkatkan infrastruktur melalui pembangunan berbagai fasilitas.

Jasa Tirta II telah menyusun rencana pembangunan berbagai fasilitas pendukung yang akan dilaksanakan di tahun 2021 dan 2022. Di tahun 2021, direncanakan akan ada pembangunan berupa Graha Vidya (Convention Hall, Meeting Room, Plaza) (+ Landscape) yang meliputi adanya interior lobby dan FF & E Convention untuk memenuhi kebutuhan pengunjung akan aula gedung yang memadai dengan pemandangan alam area Jatiluhur yang menenangkan; Bungalow Tahap 1 dengan cakupan meliputi pengawasan dan Bungalow VIP sebanyak 3 unit dengan kolam renang di dalamnya agar pengunjung dapat memiliki waktu yang lebih lama di Jatiluhur dengan fasilitas penginapan yang berkualitas; serta Visitor Center dengan cakupan meliputi perencanaan & pengawasan, bangunan Visitor Center, Interior Visitor Center, Instalasi Isi Visitor Center, dan Skybridge untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi terkait kawasan wisata Jatiluhur dan sekitarnya.

Untuk tahun 2022, pembangunan akan semakin gencar dilakukan dengan adanya berbagai proyek, antara lain pembangunan jalan lintas dan pagar sepanjang 2,5 km yang akan menunjang keamanan dan kenyamanan pengunjung dalam berwisata di kawasan Jatiluhur. Selain itu, akan ada pembangunan Bungalow Tahap 2 dengan cakupan meliputi perencanaan & pengawasan, Bungalow Standard 1 sebanyak 10 unit dengan landscape, serta Bungalow VIP sebanyak 13 unit dengan landscape sehingga fasilitas Bungalow yang disediakan pun semakin lengkap dan semakin mampu memenuhi kebutuhan pengunjung akan tempat penginapan yang aman dan menyenangkan. Area Istora dengan cakupan meliputi perencanaan & pengawasan, Hotel Istora, Plaza, Restaurant, Café Soekarno Corner dengan kurasi museum juga akan dibangun di tahun 2022 sebagai area hiburan yang semakin melengkapi fasilitas penunjang wisata dan ningkatkan kualitas wisata Jatiluhur itu sendiri.

Selain itu, di tahun 2022, Jasa Tirta II akan membangun Museum/Gardu Pandang sebagai fasilitas penunjang bagi wisatawan untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam menikmati wisata di area Jatiluhur. Museum/Gardu Pandang tersebut dibangun dengan cakupan meliputi perencanaan & pengawasan, bangunan museum/gardu pandang, serta instalasi isi museumnya. Untuk meningkatkan keamanan sekaligus kenyamanan pengunjung dalam berwisata di dalam kawasan Jatiluhur, di tahun 2022 juga Jasa Tirta II merencanakan akan membangun Gerbang Utama yang berada di dekat Kantor Polisi Air serta Gerbang Tipe A – Street Side yang berada di dekat Istora.

Seluruh rencana pembangunan ini disusun dengan persiapan, upaya,  hingga  semangat dan komitmen yang tinggi sehingga seluruh pembangunan dapat terwujud sesuai dengan harapan dan mampu menunjang peningkatan kuantitas pengunjung serta kualitas wisata Jatiluhur di masa kini dan masa mendatang.

Di tahun 2019, Jasa Tirta II telah sukses menyelenggarakan berbagai event bertaraf internasional di kawasan Waduk Jatiluhur, antara lain The 1st Jatiluhur Stand Up Paddle & Kayak Exhibition, The 1st Jatiluhur Heroes 5k Fun Run, dan The 1st International Jatiluhur  Jazz Festival. Dari berbagai event tersebut, Jasa Tirta II berhasil menggaet total pengunjung hingga sekitar 20.000 orang.