Optimalisasi pengelolaan air juga dilakukan oleh Jasa Tirta II dengan memperluas usahanya di bidang sistem penyediaan air minum (SPAM). Kontribusi Jasa Tirta II dalam bisnis Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) ini adalah dengan menyediakan air bersih untuk masyarakat.

Sasaran perusahaan dalam pengembangan bisnis Bidang Usaha Air Bersih (SPAM) diantaranya:

  1. Terwujudnya SPAM Non Regional yang dioperasikan oleh Anak Perusahaan PT Jasa Tirta Luhur pada tahun 2020 yaitu: SPAM Marunda, sedangkan SPAM Pamanukan (Kab. Subang), SPAM Curug, SPAM Curug, SPAM Suryacipta, SPAM JIEP, SPAM Tarumajaya dan SPAM Babelan akan dilakukan oleh induk perusahaan.
  2. Pencapaian penjualan air bersih berturut-turut pada tahun 2020-2024 sebesar Rp 12,3 milyar; Rp 12,8 milyar; Rp 13,2 milyar; Rp 13,6 milyar dan Rp 14,1 milyar; dengan jumlah total produksi air bersih sebesar 4,1 juta m3 pada tahun 2024.
  3. Terwujudnya rencana pemasaran pada tahun 2020-2024 yang berfokus pada pelayanan pelanggan.
  4. Terwujudnya penerapan Teknologi, Informasi dan Komukasi dalam bisnis air bersih (SPAM) pada tahun 2021.
Kemudian dalam rangka tercapainya sasaran tersebut, strategi yang dilakukan dalam Bidang Usaha Air Bersih (SPAM) adalah sebagai berikut:

  1. Pemisahan unit pengusahaan dengan unit pengelolaan SDA dalam bidang air bersih (SPAM).
  2. Peningkatan kapasitas dan penetrasi SPAM dalam kawasan industri, PDAM, dan kawasan perumahan.
  3. Meningkatkan potensi pelanggan baru dengan melakukan kegiatan pemasaran tersegmentasi dengan fokus pada pelanggan di kawasan Industri, PDAM, dan kawasan perumahan.
  4. Pengembangan dan peningkatan kapasitas produksi SPAM pada Anak Perusahaan
  5. Menerapkan teknologi, informasi dan komunikasi dalam mengelola sumber daya air secara realtime untuk produksi dan distribusi.
  6. Melakukan kerjasama dengan strategic partner seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah atau swasta.